Select Page

Kelompok paduan suara anak The Resonanz Children’s Choir (TRCC) asuhan konduktor Avip Priatna, kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional. Prestasi tersebut mereka toreh pada ajang 49th Tolosa Choral Contest yang berlangsung tanggal 2-5 November 2017 di kota Tolosa, Spanyol. Keberhasilan TRCC ini menjadi tambahan kado spesial ulang tahun ke 10 yang dirayakan pada tahun ini.

Pada kompetisi tersebut, TRCC meraih juara pertama pada kategori Children’s Choir, Public Audience Award dan meraih Juara Umum Tolosa Choral Contest. Keberhasilan ini merupakan kali kedua di tahun ini, dimana TRCC baru saja memenangkan Juara Umum pada Musica Eterna Roma International Choral Competition and Festival pada bulan Juli yang lalu.

Dengan berkekuatan 40 orang penyanyi anak dan remaja berusia 10-17th, TRCC berkompetisi pada kategori Children’s Choir membawakan lima buah lagu yang berjudul Ihauteri Habanerak karya David Azurza, Ikusten duzu karya komponis Basque Josu Elberdin, Táncnotá karya komposer Hongaria Zoltán Kodály, 137 Hip Street karya Fero Aldiansya Stefanus dan lagu daerah Papua, Yamko Rambe Yamko aransemen Bambang Jusana.

Kategori children’s choir ini juga diikuti oleh paduan suara anak lain dari Indonesia yaitu Saint Angela Choir, asal Bandung, pimpinan Roni Sugiarto, yang juga meraih prestasi dengan menduduki peringkat kedua pada kategori children’s choir. Selain TRCC dan Saint Angela, kompetisi children’s choir diikuti oleh koor anak Liepaites dari Lituania, Choir of the old town music dari Estonia, Lautitia Children’s Choir dari Hungaria dan Prague Philharmonic Children’s Choir dari Ceko.

Predikat Juara Umum yang kemudian disandangkan oleh para juri kepada TRCC menunjukkan bahwa paduan suara anak ini meraih perolehan nilai tertinggi, menyisihkan keseluruhan peserta Tolosa Choral Contest 2017, lintas kategori, termasuk kategori chamber choir yang diikuti oleh sembilan paduan suara dewasa. Paduan suara dewasa tersebut antara lain Collegium Vocale Hannover, Camara XXI Argentina, The University of Wyoming Collegiate Chorale Amerika Serikat, dan paduan suara Sansara dari Cambridge, Inggris.

Selain berkompetisi di kota Tolosa, TRCC juga berkesempatan melakukan serangkaian konser di kota kota lain sekitar Tolosa, antara lain di kota Ordizia, Zarauts dan Artajona. Pada konser-konser tersebut TRCC menampilkan beragam repertoar baik klasik, modern serta tradisional, seperti lagu Bungong Jeumpa, Las Amarillas, Salve Regina, As long As I Have Music, dan Ondel-ondel.

Dengan kemenangan The Resonanz Children’s Choir sebagai juara umum Tolosa Choral Contest 2017, maka TRCC berhak untuk maju ke pertandingan European Grand Prix in Choral Singing pada tanggal 21 April 2018 di kota Maribor, Slovenia.

Sumber: Situs Liputan 6