Avip Priatna kembali membuat bangga bangsa Indonesia dengan terpilihnya Direktur Musik The Resonanz Music Studio ini sebagai salah satu anggota kehormatan Associazione Nazionale Direttori di Coro Italiani (ANDCI) – atau Asosiasi Pengaba Paduan  Suara Nasional  Italia. Bahwa ada putra Indonesia, bahkan Asia, yang terpilih oleh asosiasi ini adalah ibarat secercah cahaya penerang dan penyemangat bagi kita yang saat ini masih dalam suasana prihatin, berjuang untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Selain Avip Priatna, para anggota kehormatan lainnya adalah para pengaba dan komposer dunia, antara lain Morten Lauridsen (Amerika Serikat), Eric Whitacre (Amerika Serikat),  John Rutter (Inggris), Javier Busto (Spanyol), Gary Graden (Swedia), dan Nadezhda Averina (Rusia).

Enrico Miaroma, direktur Asosiasi ini, menyebutkan dipilihnya Avip sebagai salah satu anggota kehormatan adalah karena “dengan prestasinya di dunia internasional bersama Batavia Madrigal Singers dan The Resonanz Children’s Choir, Avip Priatna adalah sungguh layak mewakili Asia untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya.”

Asosiasi Direktur Paduan Suara Italia ini dibentuk hampir 2 tahun lalu, dan akhir-akhir ini organisasi tersebut melebarkan sayapnya dengan mengundang anggota-anggota dari pelbagai penjuru dunia untuk dapat menyumbangkan pengetahuan dan energi mereka, serta berbagi pengalaman dengan para konduktor Italia. Mereka juga sudah mempunyai laman Facebook dan situs resmi https://www.direttoricoro.it/.

Bulan Oktober mendatang, asosiasi ini mulai menerbitkan buletin, dan sudah banyak video yang dibuat dengan mengangkat berbagai topik, antara lain: “Incontri con l’autore” (meet the composer) di mana beberapa komposer terkemuka menampilkan komposisi mereka untuk paduan suara;  “Sguardi sul Medioevo” (a blink on medieval age) yang membahas beberapa topik seperti Lagu Gregorian dan Lauda dari abad XIII;  “ANDCI Junior” untuk anak-anak usia 3 hingga 8 tahun; serta “Interviste” atau wawancara para konduktor paduan suara terkemuka dunia. Selain itu, masih banyak lagi topik yang sedang dipersiapkan untuk ke depannya.

Terima kasih dan selamat, Avip Priatna! Selamat, Indonesia!

Maju terus paduan suara Indonesia, bersemangat dan majulah terus Indonesia.
Jakarta, 4 Mei 2020